Beranda News

Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polres Metro Tangerang Kota Cek Ratusan Alut dan Alsus

Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polres Metro Tangerang Kota Cek Ratusan Alut dan Alsus
Operasi Mantap Brata 2023-2024, Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho Mengecek Kesiapan Personil, Alut dan Alsus. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Polres Metro , mengelar apel kesiapan sarana prasarana (sarpras) baik Alut (peralatan utama) dan Alsus (peralatan khusus) Polri pendukung Brata  2023- menghadapi pengamanan rangkaian tahapan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan kendaraan-kendaraan dinas Polisi baik R-2, R-4, R-6, Water Canon, Rantis, Ambulance, Raisa, dan Bus. Lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan peralatan Dalmas, Laras Licin, Peluru Gas Air mata, alat identifikasi, Apar dan alut alsus lainnya.

Pemeriksaan dipimpin Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Wakapolres Metro Tangerang Kota AKBP Bambang Yudhantara Salamun, para PJU dan jajaran.

Kapolres Kombes Zain Dwi Nugroho, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kesiapan personil maupun sarana prasarana menghadapi pengamanan Pemilu 2024 yakni Pileg dan Pilpres mendatang. Operasi Mantap Brata Jaya ini rencana  dimulai pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Baca Juga:  Panen Jahe Hingga Nikmati Olahannya di Kota Tangerang

“Kegiatan apel ini merupakan bentuk nyata kesiapan Sarana dan Prasarana yang akan digunakan menghadapi pengamanan Pemilu 2024 guna menciptakan kondusifitas wilayah selama tahapan Pemilu 2024 yang akan digelar secara serentak tanggal 19 Oktober 2024 ,” kata Zain dalam keterangannya, Selasa (10/10/2023).

Dalam pemeriksaan alut dan alsus Polri yang digelar, kondisi pada umumnya dalam keadaan baik dan siap digunakan untuk pengamanan Pemilu 2024, namun masih ditemukan beberapa kendaraan R-2 yang perlu di perbaiki, beberapa peralatan dalmas yang rusak ringan, dan isi APAR yang sudah mau habis. Tentunya  dengan temuan tersebut, masih ada waktu melengkapi dan memperbaikinya.

Pada apel tersebut, Kapolres Metro Tangerang Kota memberikan beberapa arahan sebagai berikut, agar segera memperbaiki peralatan yang rusak, alut dan alsus yang dipegang saat ini agar dijaga dan dirawat yang baik seperti barang milik kita sendiri, jaga  kesehatan fisik, psikis dan mental anggota, selingi olahraga pada saat waktu kosong dan konsultasikan kesehatan ke sie dokkes bila menemukan merasa .

Baca Juga:  Uji Emisi di Kota Tangerang, Kapolres: Sanksi Tilang Tunggu Instruksi Polda

“Jaga dan rawat alut dan alsus yang saudara pegang seperti barang milik anggota sendiri. Silahkan periksa kesehatan ke sie dokkes jika merasa sakit, untuk konsultasi dan penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Zain menyebutkan pemeriksaan kesiapan kendaraan dinas dilakukan terhadap 290 unit kendaraan roda dua (motor), 72 unit kendaraan roda empat (mobil) dan 5 kendaraan roda enam (truk) termasuk mobil Armored Water Canon (AWC), Ambulance, Rantis, Raisa maupun Alut dan Alsus seperti: peralatan Dalmas, alat Identifikasi, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), Senjata laras licin dan peluru gas airmata maupun peralatan lainnya.

“Personil diminta segera lakukan perbaikan dan perawatan bila mendapati kendaraan rusak atau tidak layak, segera dibawa ke bengkel untuk diharwat,” tuturnya.

Kapolrestro berharap langkah-langkah yang lakukan Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya tersebut dalam mempersiapkan secara dini sarana dan prasarana dalam pengamanan Pemilu 2024 dapat mendukung Operasi Mantab Brata Jaya 2024, sehingga diharapkan dapat berjalan dengan aman, damai dan sesuai Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Indonesia Maju.

Baca Juga:  Suasana Haru dan Penuh Keakraban Sambut Apel Pengantar Tugas Wakapolsek Neglasari