Beranda News

Panen Sayur Mayur di KRPL Kota Tangerang Bersama Wali Kota

Panen Sayur Mayur di KRPL Kota Tangerang Bersama Wali Kota
Wali Kota Panen Sayur Bersama Warga Kelurahan Nambo Jaya Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

, Pelitabanten.com Kota Tangerang terus berupaya mendorong partisipasi aktif dari masyarakat untuk menciptakan lingkungan tempat tinggal yang aman dan nyaman bagi warganya, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan dibentuknya Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

KRPL merupakan aktualisasi pemanfaatan lahan pekarangan secara optimal dengan maksimalisasi produktivitas lahan yang ada di lingkungan untuk pengembangan ketersediaan pangan yang beranekaragam tiap rumah tangga dalam suatu wilayah.

Seperti halnya apa yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Anthurium Kelurahan Nambo Jaya, Karawaci dengan anggota sebanyak 50 orang yang berhasil memanfaatkan lahan tidur yang ada di lingkungannya menjadi KRPL dengan produk sayur – sayuran serta budidaya .

Panen Sayur Mayur di KRPL Kota Tangerang Bersama Wali Kota
Segarnya Sayur Mayur di KRPL Kelurahan Nambo Jaya Karawaci Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

Wali Kota Tangerang dalam sambutannya pada acara panen bersama Wali Kota Tangerang yang diinisiasi oleh Dinas (DKP) bersama dengan KWT Anthurium menjabarkan pemanfaatan lahan yang dilakukan merupakan suatu kegiatan positif yang bisa diaplikasikan di wilayah lain.

Baca Juga:  Saat Mengajar Diklat PIM 2 di Kemdagri, Pejabat Eselon 2 Kagumi Kepemimpinan Wahidin Halim

“Dulunya jadi lokasi yang langganan , sekarang sudah jadi lokasi yang lebih asri, indah bahkan bisa menghasilkan,” ujar Wali Kota dalam acara yang berlangsung di Perumahan Pondok Arum RT. 06 RW. 03 Kelurahan Nambo Jaya, Karawaci, Kamis (24/10/2019).

Selain bercocok tanam, warga juga mengolah hasil panen menjadi siap saji, dan kudapan yang dapat dijual kembali.

Arief menambahkan salah satu hal yang menjadi nilai positif dari KWT Anthurium dimana selain bercocok tanam, warga juga mampu mengolah hasil panen menjadi makanan siap saji dan kudapan yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Panen Sayur Mayur di KRPL Kota Tangerang Bersama Wali Kota
Selain Panen Sayur Wali Kota Juga Berkesempatan Panen Ikan Lele. Foto Pelitabanten.com (Ist)

“Habis dipanen, diolah, kemudian dijual. Kita juga bisa liat tuh proses masaknya di dapur, selain fresh udah pasti sehat karena tidak pakai pengawet,” ujar Arief.

Kepala Dinas ketahanan Pangan Abduh Surahman menambahkan, bahwa para anggota KWT Anthurium di Kelurahan Nambo Jaya sudah memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang pertanian di kawasan KRPL.

Baca Juga:  Menuju Tangsel Marathon 2024, Benyamin Berpesan untuk Siapkan Diri

Teori pertanian sudah dikuasai hal ini terbukti dari hasil panen yang diperoleh, jenisnya juga beragam mulai dari kubis , labu madu, lobak dan berbagai jenis hidroponik,”

“Nantinya akan dikembangkan lagi menjadi pertanian lokal, rencananya 15 blok dengan asumsi 1 blok menanam 100 kantong hidroponik hingga hasil panennya lebih maksimal dan bisa dijual di sekitar perumahan,” tandas Abduh.(Adv)