Beranda News

PDR Bazar di Sepatan Diduga Manipulasi Daya Penggunaan Aliran Listrik, Kabel Instalasi Pembagi Semrawut

Kabel Instalasi Pembagi Semrawut, Foto. Pelitabanten.com.diwilayah kecamatan sepatan,Senin (07/08/2023).
Kabel Instalasi Pembagi Semrawut, Foto. Pelitabanten.com.diwilayah kecamatan sepatan,Senin (07/08/2023)

KABUPATEN,,Pelitabanten.com-Adanya sebuah kegiatan bazaar dikecamatan sepatan yang diselenggarakan Karang Taruna sepatan dalam menyambut Hari (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78,bertujuan positif untuk menghibur sepatan dan sekitarnya,serta membuka peluang dari para UMKM pedagang kuliner dari setiap desa yang berada diwilayah kecamatan sepatan,Senin (07/08/2023).

Dalam acara bazaar tersebut selain adanya kuliner-kuliner juga ada arena bermain anak-anak seperti komedi sarang burung, perahu ayun, api dan arena bermain lainnya.Dari pantauan para aktivis ada beberapa kekurangan yang bisa membahayakan para pengunjung, terutama pada anak-anak yang belum memahami bahayanya aliran tegangan PLN.

Dari pemantauan para terlihat jelas instalasi pembagi yang menempel pada pagar pembatas komedi perahu ayun begitu semrawut tidak tertata rapih, serta tidak safety (aman)dalam cara penyambungan Penggunaan Penyambungan Darurat (PDR) atau Penyambungan Sementara (PESTA) yang digunakan dalam kegiatan bazaar memang legal.Namun ada beberapa unsur kecurigaan atau penggunaan daya listrik yang digunakan tidak sesuai kebutuhan sebagaimana mestinya.

Baca Juga:  Berbulan Bulan WH Warga Desa Parahu Diduga Lose Watt Arus Listrik, Ngaku Jadi ATM Petugas

Daya yang dimohonkan panitia bazar 6600.va, kebutuhan energy listrik yang digunakan melebihi dari daya 6600.va.Dalam hal ini pihak PT PLN (persero) Up3 TelukNaga harus memantau dan mengawasi lebih cermat kegiatan bazar disepatan. Dugaannya sangat jelas dari penggunaan aliran listrik bisa merugikan pihak PLN dan instalasi pembagi yang semrawut bisa membahayakan para pengunjung.

Di tempat yang berbeda,ketika dikonfirmasi petugas atau pegawai di PT PLN (Persero) Up3 teluknaga berinisial R mengenai adanya sambungan kabel pemasangan instalasi listrik yang seharusnya bok itu di oleh PLN akan tetapi malah di bongkar dan semrawut.

“Kalau kami secara aturan sudah kami segel bok tersebut dan semuanya sudah rapih ketika di awal mula di pasang.Kalau memang di buka bok tersebut terus NSB turun tetapi listrik nyala itu berati tidak benar.Kami akan terus kan ke bidang terkait dan akan kita tindak lanjut,” Kata R pegawai PLN saat di hubungi lewat telepon.

Baca Juga:  HLN ke-78, Donasi Pegawai PLN Berhasil Nyalakan Mimpi 2.587 Rumah Keluarga Kurang Mampu

Sampai saat ini para aktifis masih menelusuri pihak panitia bazar UMKM untuk di konfirmasi, karena belum bisa di konfirmasi untuk lebih lanjut.