Beranda News

Pelayanan Kesehatan Berkualitas Bagi Ibu dan Anak di Lombok Timur

Pelayanan Kesehatan Berkualitas Bagi Ibu dan Anak di Lombok Timur

Pelitabanten.com – Muslim Aid Indonesia bekerjasama dengan Muslime Helfen (Jerman) mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan berkualitas bagi ibu hamil dan bawah lima tahun (Balita) di Lombok Timur. Program ini dilaksanakan demi mencegah ibu hamil dan balita mudah terserang penyakit.

“Ini merupakan bentuk kami mendukung program pemerintah provinsi NTB mengurangi angka kematian ibu dan anak dengan melaksanakan kegiatan semacam ini.” Ujar Penanggung Jawab Program Muslim Aid Indonesia di NTB, Lalu Irwan Hadi (14/11).

Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan di Rumah Sakit Sentra Medika, Selong, Lombok Timur, selama lima hari. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh dokter spesialis anak.

“Program ini kami fokuskan untuk dua desa, yakni Desa Ketapang Raya dan Desa Tanjung Luar.”kata Irwan.

Menurut Irwan, selain pemeriksaan gratis, penyuluhan mengenai pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lima tatanan (rumah tangga, sekolah, institusi kesehatan, tempat kerja dan tempat umum) juga MAI lakukan.

Baca Juga:  Ribuan Botol Miras Dimusnahkan di Mapolres Kota Tangerang Selatan

“Melalui sosialisasi tentang pentingnya hidup sehat, masyarakat Desa Ketapang Raya dan Desa Tanjung Luar mulai sadar pentingnya posyandu. Mereka juga mulai paham perlunya menjaga kebersihan lingkungan dan pola makan anak, agar terhindar dari penyakit.”Pungkasnya.

Sejalan dengan upaya peningkatan kesehatan di provinsi NTB, sebelumnya pendistribusian makanan bernutrisi tinggi untuk ibu hamil dan balita diadakan juga di Desa Ketapang Raya dan Tanjung luar, Kecamatan Keruak, Lombok Timur.