Beranda News

Pemilu 2024, Kesbangpol Kota Tangerang Membangun Budaya Damai Bagi Generasi Muda

Pemilu 2024, Kesbangpol Kota Tangerang Membangun Budaya Damai Bagi Generasi Muda
Teguh Supriyanto, Kepala Kesbangpol Kota Tangerang Menjelaskan Tujuan Kegiatan Guna Meningkatkan Pemahaman kepada Masyarakat Khususnya Mahasiswa dan Pelajar di Kota Tangerang Membangun Budaya Damai di Pemilu 2024 Mendatang. Foto Pelitabanten.com (*)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik () Kota Tangerang menggelar Penyuluhan Pencegahan Konflik Sosial Bagi dan Mahasiswa jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Bertema ‘Bersama Membangun Budaya Damai Bagi Generasi Muda Dalam Pelaksanaan Pemilu 2024‘.

Berlangsung di Gedung Tangerang Convention Center (TCC), Kelurahan Cimone, Karawang, Kota Tangerang, Banten. Rabu, (2/8/2023).

Kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh sebanyak 1.500 mahasiswa dan pelajar dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah tingkat atas dan SMK se- Kota Tangerang.

Berbagai narasumber dihadirkan diantaranya dari Komisi Pemilihan Umum (), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Dosen Perguruan Tinggi, TNI dan Polri.

Pemilu 2024, Kesbangpol Kota Tangerang Membangun Budaya Damai Bagi Generasi Muda
Diikuti 1.500 Pelajar dan Mahasiswa se-Kota Tangerang

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah yang hadir dan membuka acara, mengimbau mahasiswa dan pelajar agar jangan terprovokasi.

Baca Juga:  Sosialisasikan 4 Pilar MPR RI, Ananta Wahana Minta Generasi Muda Harus Mengetahui Sejarah Pancasila

“Jangan mudah terprovokasi dengan informasi – informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan, terlebih saat ini sudah memasuki tahun politik. Untuk itu, dengan semangat kebersamaan, mari kita saling jaga dan saling ingatkan agar semua proses Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan kondusif,” ujar Arief.

Seperti kita ketahui, lanjut Arief, tahun 2024 bangsa Indonesia akan melaksanakan Pemilihan Umum bagi Pemilihan legislatif (), Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Pemilu tersebut adalah mandat Undang – Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

“Untuk itu, Pemilu 2024 penting rasanya kita sebagai Warga Negara Indonesia untuk menyukseskan pemilu ini dengan aman dan damai,” terang Arief.

Walikota berharap, mahasiswa dan pelajar yang mengikuti kegiatan penyuluhan ini untuk bisa berperan aktif dengan mengajak seluruh warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

Baca Juga:  Posraya Indonesia lakukan Konsolidasi Untuk Kemenangan Arsid-Elvier

“Mudah – mudahan ini menjadi cita – cita kita semua masyarakat Kota Tangerang dan Indonesia khususnya untuk bisa menjalankan kewajibannya sebagai warga negara menggunakan hak pilih di Pemilu 2024,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Tangerang, Teguh Supriyanto, menjelaskan  tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman kepada masyarakat khususnya mahasiswa dan pelajar di Kota Tangerang terkait antisipasi konflik sosial .

“Diharapkan masyarakat, pemerintah, TNI, Polri, kejaksaan, KPU serta mahasiswa dan pelajar mampu bergandengan tangan dan bahu – membahu dalam mengantisipasi segala potensi bentuk ancaman, hambatan dan segala bentuk gangguan dalam proses penyelenggaraan Pemilu 2024,” jelas Teguh.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang telah menetapkan daftar pemilih tetap () untuk Pemilu 2024 mendatang sebanyak 1.362.773 data pemilih.

DPT Pemilu 2024 Kota Tangerang itu terdiri atas 678.001 laki-laki dan 684.772 perempuan.

Baca Juga:  Akses Informasi, OPD Kota Tangerang Disarankan Walikota Melek Media Sosial

Tahun ini, terdapat penambahan sebanyak 268.404 pemilih pemula milenial atau Gen Z. Jika, dibandingkan dengan Pemilu 2019 tercatat sebanyak 1.094.369 pemilih. (*)