Beranda News

Peringatan Hari Disabilitas, Ichsan Soelistio : ABK Minim Perhatian Pemerintah

Peringatan Hari Disabilitas, Ichsan Soelistio : ABK Minim Perhatian Pemerintah
Hari Disabilitas, Anak Berkebutuhan khusus perlu perhatian serius pemerintah. Foto Ist. Pelitabaten.com

SERANG, Pelitabanten.com, — Memperingati Hari pada Tanggal 3 Desember, Anggota RI fraksi PDI Perjuangan, Ichsan Soelistio menyatakan, setiap anak memiliki bakat kemampuan sendiri yang unik. Tak terkecuali (ABK) yang saat ini masih minim perhatian dari pemerintah.

“Pemerintah juga harus berperan lebih serius dalam menangani difabel ini karena mereka pun memiliki kemampuan sendiri sendiri,” katanya di Kota Serang. Senin, (3/12/2018).

Menurutnya, saat ini perhatian pemerintah terhadap masih setengah-setengah. Padahal, aturan yang mengatur tentang disabilitas sudah ada.

“Pemerintah harus menampung 2 persen dari karyawannya untuk difabel dan perusahaan swasta 1 persen, itu harus kita pelajari apakah memang sudah diterapkan dengan baik,” ucapnya.

Untuk menggali bakat dan kemampuan mereka, ujar Ichsan, harus ada sejak usia dini dan membutuhkan waktu yang panjang. Hal itulah yang saat ini belum terelaisasi.

Baca Juga:  Dindik Kota Tangerang Maksimalkan Program Sekolah Inklusi Tingkat SD hingga SMP

“Sehingga untuk mengatasi difabel ini semua harus dimulai dari bawah, dari masih muda muda,” ujarnya.

Pendiri Anak Mandiri , Chritsiana menyatakan, perhatian dari pemerintah sudah ada. Namun, dalam realisasinya masih perlu pengawalan dan banyak .

“Kalau untuk kemampuan mereka sendiri, ABK itu sebetulnya mampu dibina. Kalau kita tangani dengan tepat terus pada usia dini itu bisa lebih baik, memang gak bisa waktu pendek ya butuh waktu yang cukup panjang,” tuturnya.

Editor : Adin