Beranda News

Perpustakaan Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis Tingkatkan Literasi di Masyarakat

Perpustakaan Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis Tingkatkan Literasi di Masyarakat
Ananta Wahana bersama dengan Kepala DPA Kabupatem Tangerang, Hadisa Mansyur.(Dok Ist)

KABUPATEN , Pelitabanten.com – Gerakan literasi di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Kelurahan Bonang, , mulai bergeliat. Hal ini menyusul ditatanya kembali Karang Tumaritis yang merupakan bagian dari padepokan yang diinisiasi oleh , anggota dari Dapil Banten III.

Untuk mengoptimalkan fungsi perpustakaan tersebut, dalam penataanya, padepokan dibantu oleh pustakawan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Tangerang. Perpustakaan Karang Tumaritis ini juga pernah mendapat dari Kepala DPA Kabupaten Tangerang, Hadisa Mansyur.

Selaku berdirinya Perpustakaan Karang Tumaritis, sekaligus pengasuh Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Ananta Wahana, mengaku akan mengerahkan SDM yang ada untuk kemajuan perpustakaan, yang merupakan salah satu ujung tombak gerakan literasi di lingkungan padepokan itu. Terlebih, di lingkungan padepokan, yang di dalamnya juga sebagai Rumah Aspirasi, juga telah mengembangkan berbagai kegiatan, baik dalam pendidikan politik, sosial, budaya maupun ekonomu, yang dalam hal ini .

Baca Juga:  di Pelantikan BPC HIPMI Kota Tangerang, Arief Harapkan Sinergitas Baik Terjalin

Seperti yang dikatakan oleh Kepala DPA Kabupaten Tangerang, Hadisa Mansyur tentang dari membaca orang bisa menghasilkan karya, Ananta akan membenahi Perpustakaan Karang Tumaritis secara serius, dan mengoneksikannya dengan relasi-relasinya. Hal ini agar pembinaan terhadap UMKM dan kelompok-kelompok cerdas di padepokan tersebut bisa terintegrasi.

“Seperti yang disampaikan Pak Kadis tadi bahwa dari membaca orang bisa berkarya. Nah, ini nanti akan kita arahkan ke sana, kita juga akan kerahkan relasi-relasi kita untuk kita koneksikan. Karena kita ini juga membina UMKM, kelompok-kelompok cerdas, supaya nanti bisa terintegrasi,” katanya, Minggu (3/9/2021).

Dalam kesempatan ini Hadisa memberikan apresiasi kepada Ananta atas berdirinya serta difungsikannya kembali perpustakaan tersebut. Ia juga memberi berbagai masukan, dengan harapan dunia literasi berkembang di lingkungan padepokan. Terlebih, kata Hadisa, Perpustakaan Karang Tumaritis berada di tengah-tengah pemukiman masyakat yang cukup padat. Sehingga akses dalam menularkan dunia literasi kepada akan menjadi lebih luas.

Baca Juga:  Promosikan Brand Lokal, Wagub Banten Pakai Sepatu Buatan Kota Serang di ICCF Riau

“Kita berharap apa yang menjadi tujuan Pak Ananta dalam mencerdaskan anak bangsa bisa terwujud,” ujar Hadisa Mansyur.

Ia juga berharap, dengan adanya perpustakaan ini, màsyarakat di lingkungan padepokan bisa mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan. Tak hanya itu saja, tetapi dari membaca masyarakat bisa menghasilkan karya yang bermanfaat, bahkan bisa menjadi perekonomian.