Beranda News

Pipa Pabrik Kimia Meledak Di dalam Tanah

Pipa Pabrik Kimia Meledak Di dalam Tanah
Foto: Istimewa

CILEGON, Pelitabanten.com – Suara ledakan yang bersumber dari saluran pipa gas dalam tanah di jalan Raya Merak, tepatnya di depan Perumahan TNI Al Banten, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, pada hari ini Senin (18/01/2016) terjadi pada pukul 13.45 WIB

Dari ledakan tersebut, mencuat bau sengit seperti bau lem aibon yang menyengat. Tidak hanya itu, ada gumpalan asap tebal yang keluar dari dalam tanah. Akibat ledakan tersebut, permukaan tanah naik sekitar 20 cm.

Lasmiati (32), salah seorang warga mengaku langsung panik begitu mendengar adanya suara ledakan di depan kiosnya itu. “Saya sedang di dalam (kios), tau-tau ada suara ledakan sama asap putih yang banyak keluar dari dalam tanah,” jelasnya.

Tak lama setelah kebulan asap itu hilang, kata dia, warga yang berbondong-bondong mendekat sudah mendapati kondisi permukaan tanah yang terangkat dan menganga. “Kayaknya itu tadi ledakan dari pipa kimia. Tapi belum tau punya siapa (pabrik),” katanya.

Baca Juga:  Kecamatan Ciwandan Jadi Tuan Rumah MTQ Cilegon 2016

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, banyaknya pabrik kimia di kawasan itu, membuat wargapun belum dapat memastikan pabrik yang mana sebagai pemilik pipa. “Yang pasti ini (ledakan) pipa dari pabrik kimia. Soalnya baunya sangat menyengat, mungkin karena sambungan pipanya yang rusak,” kata Jafar, Ketua RT setempat.

Untuk mengantisipasi adanya dampak lain akibat ledakan tersebut, polisi dari Polsek Pulomerak langsung mengevakuasi lokasi dengan memasangi garis polisi. “Kita juga masih menunggu dengan memintai keterangan sejumlah pabrik. Tadi juga ada yang dari PT Dover (Dover Chemical), cuma mereka juga belum bisa pastikan apakah itu pipa mereka,” kata Kanit I Reskrim Polsek Pulomerak Aiptu Roni Hermawan yang ditemui di lokasi.