Beranda News

Ponpes Noor El-Madeenah Pandeglang Cetak Ulama Professional Islamic Socio-Enterpeneur

Ponpes Noor El-Madeenah Pandeglang Cetak Ulama Professional Islamic Socio-Enterpeneur
Khadim Pondok Pesantren Noor El-Madeenah, Uung Ayah Al-Muhiebby saat visit/lawatan ke Madrasah Ibtidaiyah Cirinten Lebak binaan JIMS/LHL sebagai bukti tetap peduli dan turun gunung ke kantong-kantong JEMARI (Jejaring Lembaga Madeenah Republik Indonesia)

, Pelitabanten.com – Sejumlah dari Pondok Pesantren Al-Ishlah Kananga Menes, Pandeglang tengah melakukan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Ponpes Noor El Madeenah (NORMA) dan di Yayasan NUWARGA Margamukti Bojong, Pandeglang mulai tanggal 8-18 Januari 2017.

Kegiatan PPL tersebut mencakup Praktek Mengajar, Masyarakat, Mengaji Kitab Kuning, Musabaqah Santri, Silaturahmi Tokoh Masyarakat, Pelatihan Dakwah, Praktek Program Santri Enterpreneur (SAE), Mengaji Maghrib di Kampung-kampung, dan sejumlah kegiatan lainnya.

Dikatakan oleh Khadim Pondok Pesantren Noor El-Madeenah, Uung Ayah Al-Muhiebby, kegiatan tersebut sebagai bekal santri untuk menanamkan jiwa enterpreneur dan menumbuhkan rasa pengabdian terhadap masyarakat.

“Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan atau PPL merupakan bagian dari menumbuhkan rasa pengabdian santri terhadap masyarakat dan menanamkan jiwa enterpreneur untuk bekal santri di kemudian hari,” jelas Khadim Pondok Pesantren Noor El-Madeenah, Ayah Uung, Minggu (15/1/2017)

Kegiatan PPL yang dijalankan sejumlah santri Ponpes Al-Ishlah Kananga Menes Pandeglang selama 10 hari tersebut berkat antara Pengasuh Ponpes Al-IshlaH, K.H. Abdul Wahid Sahari, MA dan Khaadim , Uung Ayah Al-Muhiebby, serta Yayasan NUWARGA  (Annur Wakaf Margamukti).

Baca Juga:  Pelebaran Jalur Perlintasan Kereta Api di Poris, Warga: Sekarang Sudah Lancar!

Pondok Pesantren Noor El-Madeenah (NORMA) berlokasi di Kampung Margamukti, Desa Bojong, Bojong, Pandeglang, Banten, Jalan Raya Saketi-Malingping KM 12, Kawasan Pemberdayaan & Pendidikan Margamukti (KABUKTI). Sedangkan Ma’had ‘Aly MAQAM ( Min Aqshal Madeenah) berlokasi di Kampung Margaluyu, Desa Bojong, Pandeglang, sebagai Balai Pusat Kaderisasi Perguruan Deeniyah Islaamiyah Antarbangsa. Lahan ini merupakan Wakaf Muhsinin yang diserahkan kepada MADEENAH INDONESIA, sebagai wadah aliansi/kongsi/konsorsium lembaga peduli Madrasah dan Pesantren.⁠⁠⁠⁠

Saat ini, Ponpes NORMA setiap harinya membuka Pendaftaran Santri Baru (PBS) mulai dari tingkat SD/MI hingga tingkat Ma’had ‘Aly, setingkat perguruan tinggi. Adapun jenjang pendidikan di Ponpes Noor El-Madeenah mencakup:

  1. IBTIDA (Tingkat MI/SD)
  2. MUTAWASITH (Tingkat MTs/SMP)
  3. ‘ULYAA (Tingkat /SMK/MA)
  4. TAKHASSUS (Tingkat BEBAS USIA)
  5. MA’HAD ‘ALY (Tingkat MAHASANTRI)

Sedangkan untuk program MADUFI merupakan Ibtida yang fokus dalam Tahfeezh Qur’an dan Hadits. Pondok Pesantren Noor El Madeenah tidak dibatasi dengan waktu pendaftaran. Dengan kata lain, kapanpun Calon Santri dapat bermukim dan belajar di dalam pondok pesantren.

Baca Juga:  Tusabih Terpilih Ketua DPC INSA Banten Priode 2023/2027

“ Jadi di Ponpes Noor El-Madeenah tidak dibatasi waktu. Kapanpun bisa jadi santri di sini,” jelas Ayah Uung

Program IBTIDA, Jenjang 6 Tahun, memfokuskan pada hafalan ayat-ayat al-Quran sebanyak 30 juz dan hafalan Hadits ‘Arbain Imam Nawawi.

“IBTIDA-Jenjang 6 Tahun, bisa akselerasi jika Hafalan Qur’an dan Hadits lebih cepat dari yang di targetkan. Fokus Hafal Qur’an 30 Juz melalu Metodologi WAQAF dan Sistem 7-TH dan Hafal Hadits ‘Arbain Imam Nawawi,” ujar Ayah Uung

MUTAWASITH adalah jenjang 3 Tahun, fokus  program MDS (Madeenatu Dirasah Salafiyah) dan MMI (Madeenatul Mu’allimeen Islaamiyah), dengan Metodologi Fushool, Halaqah, Sorogan & Bandungan. Dan dilengkapi dengan Sarah kitab Sunda, Jawa, Indonesia, Arab dan Inggris

‘ULYAA adalah jenjang 4 Tahun, Fokus Metode Mu’allimeen full kajian berbahasa Arab, Inggris, Perancis dan Jepang.

TAKHASSUS adalah jenjang 5 Tahun, Bebas Usia dan Bebas Latar Belakang Pendidikan. Fokus pada Kajian Keahlian yang diminati dari Program Diraasah Deeniyyah, bisa Akselerasi jika target kurikulum tercapai lebih awal.

Baca Juga:  4 Kantor Kelurahan di Karang Tanjung Dibangun, Bupati Irna : Pelayanan Harus Lebih Baik di Pandeglang

MA’HAD ‘ALY adalah jenjang 2 Tahun setingkat D2 dengan berbagai jurusan yang tersedia, di antaranya:

  1. Dirasah Ulamaa
  2. Amilin WAQZSIK
  3. Dirasah Umaraa
  4. Dirasah Iqtishaady
  5. Dirasah Zu’amaa
  6. Dirasah Lughah

Selain itu, Ma’had Model Noor El -Madeenah (NORMA) & Ma’had ‘Aly Min Aqshal Madeenah (MAQAM) menggunakan Metodologi Fushool, Sistem ‘Ashry, Halaqah, Sorogan,  Bandungan, Musyawarah, Dauroh Tahfeezh dan Pasaran Kitab Kuning pada saat setiap Liburan Ramadhan.

Adapun untuk informasi lebih detail mengenai Ma’had Model Noor El -Madeenah (NORMA) & Ma’had ‘Aly Min Aqshal Madeenah (MAQAM) dapat ditanyakan melalui alamat Email: pesantrenorma@gmail.com dan pusatmadeenah@gmail.com.

Atau bisa juga dapat menghubungi Panitia Penerimaan Santri Baru (PSB):
1. Ka Ikhwan Taufik, 085218302353
2. Teh Iis S.N, 082312481928;
3. Teh Sopia Ranti, 082112458473