Beranda News

Presiden Jokowi Optimistis Proyek Pembangunan Waduk Karian Rampung Tahun 2019

Presiden Jokowi Optimistis Proyek Pembangunan Waduk Karian Rampung Tahun 2019
Presiden Jokowi meninjau progress pembangunan Bendungan Karian, di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (4/10/2017)

LEBAK, Pelitabanten.com pembangunan Bendungan Karian direncanakan sejak tahun 1980-an, tetapi bisa direalisasikan era pemerintahan Jokowi pada Oktober 2015. Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke pembangunan Waduk Karian yang berlokasi di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan , Kabupaten Lebak, . Rabu (4/10/2017). Dalam kunjungannya tersebut Jokowi optimistis proyek pembangunan nasional Waduk Karian dapat selesai pada tahun 2019.

“Kami mengapresiasi pekerjaan Bendungan Karian dipercepat dan dipastikan pertengahan 2019 bisa selesai,” kata Jokowi saat meninjau lokasi proyek pembangunan Waduk Karian di Kabupaten Lebak, Rabu (4/10/2017).

Saat ini, proyek Waduk Karian yang tengah dikerjakan melibatkan perusahaan kontraktor Selatan dipastikan bisa dipercepat. Bendungan Karian juga terdapat 33 bendungan lainya yang tengah dikerjakan dari jumlah 49 bendungan. Sedangkan, sisanya sebanyak 11 bendungan bisa direalisasikan tahun depan. “Kami menargetkan tahun depan sebanyak 11 waduk bisa dibangun,” kata Jokowi.

Baca Juga:  Jelang Pilkades, Kapolsek Panongan Anjangsana Ke Cakades

Menurut Jokowi, pembangunan proyek Waduk Karian merupakan bendungan ketiga terbesar setelah Jatiluhur dan Jatigede. Bendungan ini bisa menampung 314 juta kubik air yang dibendung dari Sungai Ciujung dan Sungai Ciberang. Pembangunan Bendungan Karaian bisa bermanfaat untuk pengaliran irigasi seluas 22.000 hektare juga kebutuhan air baku untuk Kota Cilegon dan Kabupaten Serang sebesar 5,5 M3/detik.

Penyediaan air baku untuk Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangsel dan wilayah DKI Jakarta sebesar ,1 M3/detik. Pembangunan Bendungan Karian dapat mengendalikan di daerah hilir yang merupakan kawasan strategis dengan infrastuktur penting, yakni jalan Tol Jakarta-Merak juga kawasan industri terpadu dengan kapasitas tampungan banjir sebesar 60, juta M3.

Selain itu juga manfaat pembangunan Waduk Karian dapat dijadikan pengembangan objek wisata oleh Kabupaten Lebak. Pembangunan Waduk Karian juga dapat memproduksi listrik melalui Pembangkit Tenaga Minihidro sebesar 1,8 Megawatt.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Akan Shalat Idul Adha di Masjid Raya Al-Bantani

“Kami berharap proyek Waduk Karian berjalan lancar, sukses dan selesai tahun 2019,” ujarnya.

Saat meninjau Bendungan Karian, Presiden didampingi oleh Menteri PU PR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Sapto Pribowo, Andika Azrumy dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.