Beranda News

Ribuan Masyarakat Tumpah Mengikuti Pawai Obor Sambut Ramadan di Kosambi Timur

Ribuan Masyarakat Tumpah Mengikuti Pawai Obor Sambut Ramadan di Kosambi Timur
Ribuan Masyarakat Kosambi Timur Ikuti Pawai Obor Sambut Ramadan 2023. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com – Menyambut datangnya bulan suci , 2023 Masehi, ribuan warga Desa Timur, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, mengikuti Pawai Obor yang di gelar Minggu, (19/03/2023) malam.

Luar biasa meriah, pawai  obor yang di ikuti remaja, anak-anak, orang dewasa hingga lansia itu berjalan berbaris teratur disisi jalan hingga beberapa puluh meter.

Mereka menyusuri jalan perkampungan hingga ke akses jalan raya , dengan jarak tempuh tiga kilo meter disambut sejumlah warga yang menonton di sepanjang jalan.

Salah seorang warga saat ditanya pewarta mengaku sangat senang dan mendukung kegiatan ini, terlebih setelah 2 tahun terbelenggu oleh kondisi Pembatasan kegiatan masyarakat karena pandemi Covid-19 (Corona Virus disease 2019).

“Dengan adanya kegiatan pawai obor menyambut ini, Yaa kita
sangat senang dan bahagia, kan, sudah 2 kali ramadan masyarakat terbatas kegiatan ibadahnya akibat Covid-19,” kata Rusminah.

Baca Juga:  Sidak Dewan di Kavling DPR Tak Dianggap, Warga: Inimah Lawakkan!

Kordinator pelaksana, , menyebut bahwa pawai obor ini merupakan kegiatan rutin tahunan jelang bulan ramadan dan sudah menjadi tradisi masyarakatnya.

“Terlebih di masa Covid-19 kemarin kita umat muslim terbatas kegiatannya karena pemberlakukan PPKM, saat ini PPKM sudah di cabut, maka antusias masyarakat sangat tinggi, karena ini merupakan tradisi yang tidak bisa ,” ungkap Ria yang merupakan istri dari lurah itu.

Dari informasi dihimpun panitia sebanyak 1.340 peserta tercatat mengikuti rangkaian acara tersebut, dengan melibatkan 34 majlis taklim di seluruh Timur.

“Alhamdulillah, pawai obor tahun ini sangat meriah. Masyarakat senang menyambut bulan puasa, ibadah terasa membahagiakan disambut luar biasa oleh umat muslim disini,” ujarnya.

Lebih dalam Ria menambahkan, pawai obor ini dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk bersilaturahmi dan menyapa sanak saudara, saling memaafkan agar puasa Ramadan semakin penuh keberkahan.

Baca Juga:  73 Pelaku Tawuran di Tangerang Diamankan, Satu Pelajar Luka Dibacok

“Pesan saya untuk masyarakat Kosambi Timur, mari kita jaga kesucian bulan Ramadan, jaga Kamtibmas, khusu dalam ibadah dan selalu saling menghargai sesama umat,” pungkas Ria Nurhizriah Hasan.