Beranda News

Sidang Kasus Pencaplokan Aset Pemkab Tangerang, Saksi Terdakwa Diusir Hakim

Sidang Kasus Pencaplokan Aset Pemkab Tangerang, Saksi Terdakwa Diusir Hakim
Saksi Mutaqin Saat Disumpah Dipersidangan Kasus Pencaplokan Aset Pemkab Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com, — Sidang dugaan pencaplokan aset dengan terdakwa Direktur PT Mitra Propindo Lestari (PT MPL) (66) yang digelar di ruang sidang 2 Pengadilan Negeri Tangerang pada Senin, (01/04/2019) berlangsung sangat singkat.

Pasalnya, Ketua Majelis Hakim Gunawan memberi teguran keras dan mengusir saksi meringankan yang dihadirkan penasehat hukum terdakwa Upa Labuhari.

Saksi tersebut  adalah Mutaqin, merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Bidang Penataan Ruang Provinsi Banten, saksi tersebut hadir dalam persidangan tanpa surat izin resmi.

“Anda PNS ada surat tugas?” tanya hakim Gunawan kepada saksi yang mengenakan seragam aparatur sipil negara ini.

Ditanya demikian, Mutaqin pun mengelak dengan menjawab bahwa dirinya sudah menyampaikan izin kepada atasannya untuk hadir dalam persidangan ini.

“Saya sudah izin ke pimpinan,” ucap dia menjawab pertanyaan hakim.

Baca Juga:  84 Peserta Ikuti Lomba Kaligrafi MTQ ke- 22 Kota Tangerang

Hakim Gunawan melanjutkan, jika menghadiri persidangan dalam kondisi waktu sedang bertugas harus memiliki surat tugas. Terlebih dirinya (Saksi) merupakan seorang PNS.

“Nggak bisa izin, kalau tidak ada surat tugas tidak bisa. Ini aturan Undang-undang Pegawai Negeri kalau saudara tidak ada surat tugas berati kehadiran saudara . Kecuali bukan pegawai negeri,” jelas Hakim.

Hakim Gunawan menambahkan, keresmian dalam menghadiri persidangan adalah surat tugas secara formal, bukan izin yang hanya bersifat pembicaraan (lisan).

“Gini aja saudara jaksa dan penasehat hukum, ini ditunda dulu. Kalau begini namanya saudara (saksi) keluyuran. Nanti saya periksa, Kalau nangkap saudara Bagaimana ? Anda (saksi) tidak resmi ini,” tegasnya.

Sidang Kasus Pencaplokan Aset Pemkab Tangerang, Saksi Terdakwa Diusir Hakim
Terdakwa Tjen Jung Sen (putih) Saat Dipersidangan. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

“Kalau namanya resmi pakai hitam diatas putih (ada surat tugas). Saudara (saksi) jadi kepala bidang masa nggak tahu kayak begitu. Gak bisa pegawai negeri keluyuran begini. Pantesan PNS ini dikritik terus. Karena Anda PNS saya wajib mengingatkan anda dengan keras. Sana balik lagi saudara,” sambung ketua hakim sembari mengintruksikan saksi untuk keluar meninggalkan ruang sidang.

Hakim menyatakan bahwa persidangan dengan agenda mendengarkan saksi-saksi akan kembali digelar pada Senin (/4/2019) mendatang.

Baca Juga:  Direktur Tehnik Perumdam TKR Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

Diketahui sebelumnya, Tjen Jung Sen didakwa melanggar Pasal 69 dan Pasal 71 UU No 26/2007 tentang Tata Ruang dengan ancaman hukuman penjara 3 tahun dan denda Rp500 juta.

Kasus bergulir setelah Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang memperingati PT MPL untuk menghentikan pembangunan jalan atau akses menuju Kawasan industri dan Parsial 19.

Pasalnya, kawasan industri yang berada di sekitar merupakan daerah dan kawasan hijau milik Pemkab Tangerang yang dilarang membeton maupun mendirikan di atasnya.

Karena peringatan tak diindahkan, pihak DBMSDA melaporkan perusahaan itu ke . Tjen Jung Sen pun ditetapkan sebagai tersangka dan kasusnya disidangkan di PN Tangerang.