Beranda News

Selain Intensitas Hujan, OMG! Ini Penyebab Banjir di Kota Tangerang

Selain Intensitas Hujan, OMG! Ini Penyebab Banjir di Kota Tangerang
Tanggul Jebol Penyebab Banjir di Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

, Pelitabanten.com dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang menyebut yang terjadi di wilayah timur Kota Tangerang khususnya di Perumahan Pinang Griya terjadi bukan hanya karena intensitas hujan yang terjadi .

Menurut Dinas PUPR banjir juga dikarenakan adanya tanggul yang jebol.

“Mendapatkan informasi adanya tanggul jebol, kami (PUPR) langsung menurunkan personel dan melakukan tanggul yang memiliki luas 25 – 30 meter menggunakan kisdam,” kata Ruta Ireng Wicaksono, Kepala PUPR Kota Tangerang saat dihubungi melalui saluran telepon, Sabtu siang, (16/7/2022).

Selain Intensitas Hujan, OMG! Ini Penyebab Banjir di Kota Tangerang
Tanggul Jebol di Kalo Angke

“Dari data terkahir, pukul 13.00 WIB tim gudang PUPR yang berada di kawasan sudah mengirim empat truk yang berisi 100 – 150 karung kisdam ke lokasi jebolnya tanggul,” lanjutnya.

Untuk personel sendiri, Ruta menyebutkan ada sekitar 100 personel yang membantu penanganan tanggul jebol dan banjir. Dengan melibatkan subkoordinator bidang dan Pemeliharaan (OP) dan UPT di wilayah yang dibagi menjadi beberapa tim dan tugas.

Baca Juga:  Polsek Batu Ceper Kawal Aliansi Serikat Buruh Peringati May Day

“Untuk UPT di wilayah kami mendapatkan bantuan dari UPT timur dan tengah, sedangkan barat berjaga-jaga di wilayahnya. Dan untuk 100 personel kami bagi menjadi, 20 personel atau dua tim difokuskan untuk penanganan dan pemasangan kisdam. Sedangkan sisanya, yakni 80 personel di Perumahan Pinang Griya,” jelas Ruta.

Ruta pun memastikan, genangan hingga banjir yang terjadi di wilayah tersebut bukan karena luapan air, tetapi karena tanggul yang jebol di kali Angke. “Selain hujan, genangan atau banjir dikarenakan tanggul yang jebol. Ini dipastikan karena pada saat jam 2 dini hari walau masih hujan tetapi air tidak meluap, tetapi saat tanggul jebol, air mulai masuk ke pemukiman,” ungkapnya.

Ruta pun menyampaikan, bahwa pihaknya telah melakukan dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) terkait tanggul yang lebih permanen di kali Angke.

Baca Juga:  Ditemui Wartawan, Begini Keluhan Warga Paling Berdampak Proyek Apartement Serpong Garden

“Kisdam ini sifatnya hanya sementara, Bidang Tata Air pun sudah berkoordinasi dengan BBWS agar tanggul ini dapat diperbaiki secara permanen,” pungkasnya.