Beranda News

Siagakan 16.131 Pasukan, Polres Metro Tangerang Kota Gelar Apel Operasi Mantap Brata 2023-2024

Siagakan 16.131 Pasukan, Polres Metro Tangerang Kota Gelar Apel Operasi Mantap Brata 2023-2024
Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Jaya 2023-2024 di Pimpin Wali Kota Arief R Wismansyah. Selasa (17/10). Foto Pelitabanten.com

KOTA , Pelitabanten.com, Polda Metro Jaya menggelar Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Jaya 2023-2024, Selasa  (17/10/2023) di lapangan apel Mapolres Metro Tangerang Kota.

Selain jajaran polres, gelaran juga dihadiri pihak Pemerintah Kota Kabupeten Tangerang, jajaran TNI, KPU dan Bawaslu.

Bertindak sebagai komandan apel, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah. Arief membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Inti amanat tersebut adalah, meminta jajaran Polri tetap menjaga Kondusifitas Wilayah. Pada perhelatan Pileg, Pilpres dan dilanjutkan dengan Pilkada. Operasi Mantap Brata di seluruh Indonesia akan berlangsung selama 222 hari mulai tanggal 19 Oktober 2023. Personil yang dilibatkan juga diminta tetap pada netralitasnya dan siap untuk melakukan pengamanan.

Dan diharapkan kepada seluruh anggota Polri bertugas di lapangan untuk dapat bersinergi dengan TNI dan stakeholder lainnya guna menciptakan Pemilu 2024 yang aman, lancar, sejuk dan .

Baca Juga:  Antisipasi Dampak Bencana, Benyamin Pimpin Apel Kesiapsiagaan

“Tentunya, dapat diketahui bersama sejak kemarin di kota Tangerang sudah dilaksanakan Simulasi Sispamkota, dan hari ini dimantapkan lagi dengan apel gelar pasukan yang disiagakan dalam 2024 nanti,” kata Arief dalam keterangannya kepada usai memimpin apel gelar pasukan tersebut.

Arief berharap penyelenggara pemilu 2024 di Kota Tangerang dapat berjalan dengan lancar, aman, sejuk dan damai. Dan penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Berdasarkan perjalanan pelaksanaan pemilu sebelumnya Kota Tangerang kondusif. Dan yang harus diantisipasi adalah informasi yang bersifat provokasi dan berita-berita hoaxs. Masyarakat tidak mudah percaya dan terpancing. Berdemokrasi dengan bijak karena bagaimanapun juga kepentingan bangsa dan negara harus diutamakan dari pada kepentingan kelompok dalam rangka menjaga ,” tuturnya.

Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menjelaskan, apel gelar pasukan adalah pengecekan kesiapan terakhir untuk mengelar Operasi Mantap Brata Jaya 2023-2024 di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya.

Baca Juga:  Bantu Pemudik 24 Jam, PKS Banten Siagakan Mobil Ambulans di Posko Mudik Lebaran 2022

“Personil yang dilibatkan dalam operasi Mantap Brata Jaya 2023-2024 di wilayah hukum Polres Metro Tangerang kota ini sebanyak 16.131 personil terdiri dari, 1.408 Personel Polri, 450 Personil TNI, 201 Personil Satpol PP  dan 13. 872 Personil Linmas,” terang Zain.

Ia menambahkan, pengamanan akan dilakukan personil gabungan berdasarkan indeks kerawanan Pemilu 2024 Polri bersama penyelenggara pemilu sedang memetakan katagori TPS kurang rawan, rawan dan sangat rawan.

“Hingga kini kita masih melakukan klarifikasi melalui pemilu sebelumnya baik itu PSU atau PSL atau lain seperti jarak dan lokasi yang jauh dari Polres, Polsek maupun pos pengamanan,” pungkas .