Beranda News

Sosiolog Untirta Suwaib Menilai Kartu Pra Kerja Bukan Solusi Atasi Pengangguran

Sosiolog Suwaib: Dewan Pengawas Harus Mengerti Tugas KPK
Sosiolog Untirta Dr. Suwaib Amiruddin, M.Si

SERANG, PELITABANTEN.COM – Sosiolog Suwaib Amiruddin, menilai wacana Pemerintah yang akan menyiapkan kartu pra kerja tidak tepat untuk dalam menyelesaikan permasalahan pengangangguran di Indonesia.

“Pemerintah cukup menyiapkan seluas-luasnya. Pemerintah tidak perlu menyediakan kartu pra kerja. Karena itu bukan solusi untuk menekan angka pengangguran saat ini” Terang Doktor Alumni Universitas Padjajran Bandung ini kepada wartawan (15/11/19).

Menurutnya Pemerintah lebih tepat memperluas lapangan kerja untuk menyerap tenaga produktif dan intelektual.

“Pemerintah harus membangkitkan sektor UKM dan industri rumahan, dan perlu menggadeng Pemerintah Desa” jelasnya.

Pembina Suwaib Amiruddin Foundation (SAF) ini menyarankan agar pemerintah memaksimlakan potensi Desa. Pilihan pengembangan UKM oleh Pemerintah harus berorientasi desa, karena Desa memiliki anggaran yang besar, tapi lemah dalam pemanfaatan sumberdaya alam, karena keterbatasan sumber daya .

Baca Juga:  Tim Kalong Wewe Gakumda Segel Tempat Hiburan Milik Asiong

“Desa dibantu untuk memanfaatkan anggaranya kearah pengelolaan UKM, sesuai keinginan dan arahan untuk menjadikan UKM sebagai sumber “, pungkasnya.

Sekedar diketahui, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Airlangga Hartarto menyatakan bahwa pemerintah akan segera merealisasikan kebijakan program kartu pra kerja. Hal itu disampikan dalam Rakornas Pemerintah Pusat dan Tahun 2019 di Sentul, Rabu (13/11/2019). (*)