Beranda News

Sudah Siap, Pemkab Tangerang Segera Bangun PLTSa PSEL

Sudah Siap, Pemkab Tangerang Segera Bangun PLTSa PSEL
Bupati Ahmed Zaki Iskandar, Saat Mengikuti Rakor Di Menko Maritim di Jakarta. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

, Pelitabanten.com — Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar hadiri rapat koordinasi terkait tindak lanjut perkembangan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) di Ruang Rapat Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Jakarta, Senin, (27/1/2020).

Rakor yang dipimpin Asisten Deputi Bidang Pertambangan Dan Energi Kemenko Marves Yudi Prabangkara, turut dihadiri perwakilan dari daerah yang akan mengelola PSEL, yaitu Provinsi Lampung, Kota Medan, , Kota Pekanbaru, Kabupaten Siduarjo, dan beberapa Daerah lainnya.

Yudi mengatakan, Dalam pertemuan tersebut ditegaskan kembali soal upaya pemerintah untuk mengurangi volume sampah secara signifikan melalui Perpres Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Ramah Lingkungan.

“Dalam Perpres diatur bahwa setelah pengelola sampah dan pengembang PLTSa ditetapkan, maka gubernur dan walikota mengusulkan kepada untuk memberikan penugasan pembelian tenaga listrik PLTSa oleh ,” Katanya.

Baca Juga:  12 Kali Berturut-Turut, Pemkab Tangerang Raih Opini WTP
Sudah Siap, Pemkab Tangerang Segera Bangun PLTSa PSEL
Rakor di Menko Maritim Bahas PLTSa. Pelitabanten.com (Dok.Ist)

Yudi menekankan supaya persoalan fokus kepada penanganan sampah, bukan masalah listrik.

“Ini bukan urusan listrik. Yang mau kita selesaikan ini urusan sampahnya. Listrik itu adalah ikutannya,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Zaki, mengungkapkan, Pihaknya sangat membutuhkan Keppres percepatan, karena pemkab Tangerang sudah siap semua, lahan sudah ada, anggaran sudah ada, komitmen semua sudah ada, dan termasuk peraturan peraturan daerahnya.

Kata Bupati lagi, Tinggal asistensi dari Kementrian Menko maritim dan semua yang terlibat di sini untuk melaksanakan program proses lelang dan juga program pembangunannya.

“kami sangat berharap besar pada program ini, dan kami juga berharap mendapatkan prioritas utama apalagi kita dekat bandara soekarno-hatta,” Pinta Zaki.

Untuk mewujudkan program tersebut ungkap Bupati Zaki, jika ada negara-negara yang diperbantukan menjadi konsultan baik langsung maupun tidak. Pemkab Tangerang akan meminta negara singapura untuk membantu.

Baca Juga:  Ukar Sar'ih Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Gelar Reses di Legok

“kita Mohon kalau bisa Singapura yang bisa membantu Kabupaten Tangerang, karena tidak jauh, dan yang kedua mereka sudah memiliki konsep pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan juga sangat canggih sekali,”harap Zaki semangat.