Beranda News

Tax Room Juara, Inovasi Pelayanan Pajak Mudah Bagi Warga Kota Tangerang

Tax Room Juara, Inovasi Pelayanan Pajak Mudah Bagi Warga Kota Tangerang
Tax Room Juara Bapenda Kota Tangerang. Lebih Efektif dan Efisien. Foto Pelitabanten.com (Ist)

, Pelitabanten.comBadan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang terus melakukan inovasi guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, yang efektif efisien.

Inovasi tersebut berupa dashboard Tax Room Juara yang mengintegrasikan pelayanan Bapenda guna memudahkan pelayanan pajak di Kota Tangerang.

Kepala Bapenda, Kota Tangerang, Kiki Wibhawa mengungkapkan Tax Room Juara merupakan data center yang dimiliki Bapenda Kota Tangerang, berupa ruangan khusus yang menyajikan data dan informasi terkait PBB, dan Kota Tangerang yang berbasis geospasial dan secara realtime dan terintegrasi.

“Tax Room Juara juga dapat dijangkau secara online melalui sebuah portal website di laman maps.tangerangkota.go.id/taxroom. Lewat inovasi ini, pelayanan Bapenda ada pada satu pintu. Baik pelayanan kebutuhan masyarakat maupun kebutuhan monitoring secara internal,” Kiki.

Ia pun menjelaskan, kemudahan untuk masyarakat melalui Tax Room Juara ialah dapat melakukan pelayanan PBB dan BPHTB secara online, memonitoring pengajuan berkas lewat whatsapp pada Tax Room Juara, melakukan pengaduan LAKSA pada Tax Room Juara, dapat melihat peta sebaran penggunaan di Kota Tangerang, mengetahui status berkas pelayanan dan masyarakat dapat mengetahui informasi lokasi perumahan.

Baca Juga:  Bupati Tatu Chasanah Lantik 144 Kades Terpilih di Kabupaten Serang, Begini Pesannya

“Tak sampai disitu, Tax Room Juara dapat menampilkan data piutang dengan gradasi warna, berdasarkan jumlah tahun piutang. Menyajikan data penerimaan PBB dan BPHTB secara realtime, menyajikan data ZNT dari tanah di Kota Tangerang, menyajikan data batas Kota Tangerang serta menyajikan data tiap NOP secara rinci baik itu luas tanah, bangunan, alamat dan lain sebagainya,” papar Kiki.

Sementara itu, manfaat untuk ialah penetapan target, karena Tax Room Juara menyajikan data PAD secara realtime untuk mempermudah pengambilan keputusan dalam penetapan target PAD. Tata ruang, karena dapat melihat hubungan dan pengaruh rencana tata ruang wilayah,  kepemilikan Tanah hingga Zona Nilai Tanah terhadap PBB dan kebijakan pengurangan PBB dan PAD Kota Tangerang.

“Selain itu, data PBB karena menyajikan data tiap NOP secara rinci baik itu luas tanah, bangunan, alamat dan lain sebagainya.  Serta penerimaan, karena Tax Room Juara dapat menyajikan data penerimaan PBB dan BPHTN secara realtime,” tutur Kiki.

Baca Juga:  Hadiri Pelantikan Forum Pemred SMSI Provinsi Banten, Ini Pesan Pj Gubernur

Lanjutnya, Tax Room Juara juga memiliki help desk yang otomatis terhubung dengan pesan singkat yang siap menjawab pertanyaan masyarakat, khususnya wajib pajak.

“Admin help desk standby pada hari jam , pukul 08.00 hingga 16.00 wib. Semoga Tax Room Juara dapat terus berkembang untuk kemudahan-kemudahan lainnya, untuk masyarakat Kota Tangerang,” tutup Kiki.