Beranda News

The Power Emak-Emak Cilograng Bersahaja Bergerak untuk Lingkungan 

Emak-Emak Cilograng Bersahaja ikut terlibat dalam giat jaga lingkungan, pada Sabtu (13/07/2024).
Emak-Emak Cilograng Bersahaja ikut terlibat dalam giat jaga lingkungan, pada Sabtu (13/07/2024).

LEBAK, Pelitabanten.com– Para emak-emak berkumpul dilapangan olahraga Cilograng dengan membawa alat-alat kebersihan seperti cangkul, parang karung, mesin rumput dan sebagainya pada Sabtu (13/07/2024).

Dengan penuh semangat, mereka menebang rumput-rumput, membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sekitar lapangan, memungut plastik, kertas bekas, dan daun kering yang mungkin mengganggu para pengguna fasilitas olahraga. Hal itu diungkapkan oleh Ema Dedeh, salah satu penggiat Emak-Emak Bersahaja.

Semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan telah diperlihatkan “Barisan Emak-emak Cilograng” Bersahaja (Bersama Hasbi Jayabaya) mereka memutuskan untuk berinisiatif membersihkan lingkungan sekitar fasilitas umum/olahraga di kecamatan Cilograng. Keputusan ini bukan hanya sebagai wujud dukungan mereka terhadap proses demokrasi, tetapi juga sebagai bentuk komitmen untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan tempat mereka melakukan aktifitas olah raga.

“Ide ini muncul dari keinginan kami untuk berkontribusi secara langsung dalam mendukung kebersihan lingkungan sekaligus mempromosikan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga fasilitas umum,” ungkap Ibu Dedeh.

Baca Juga:  DPPKB Optimistis Kasus Stunting Bisa Diatasi lewat Program Pos Gizi Dashat dan Gemarikan

“Kami ingin melibatkan semua warga terutama Emak – emak untuk merasa bangga dengan kebersihan dan kerapian lingkungan kita,” tambahnya sambil memaparkan tujuan dari kegiatan ini.

Ema Dedeh menyampaikan bahwa kegiatan sosial ini merupakan bukti nyata bahwa kepedulian terhadap lingkungan dan partisipasi dalam kegiatan sosial dapat dimulai dari siapa saja, termasuk dari Ema-emak rumah tangga yang biasa-biasa saja.

“Dengan inisiatif mereka, kelompok Emak-emak Cilograng Bersahaja tidak hanya menjadi contoh dalam menjaga kebersihan lingkungan, tetapi juga menjadi motor penggerak menjelang pemilihan Bupati Lebak 2024,” pungkasnya. (MIR)