Beranda News

Tingkatkan Kualitas Petugas Tindak Internal, Satpol PP Gelar Bimbingan Teknis

Satpol PP Gelar Bimbingan Teknis ini diikuti oleh 18 personel, Foto. (Istimewa)
Satpol PP Gelar Bimbingan Teknis ini diikuti oleh 18 personel, Foto. (Istimewa)

TANGERANG,Pelitabanten.com-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk meningkatkan profesionalitas Petugas Tindak Internal (PTI), Minggu (14/07/2024).

Kepala Satpol PP Kabupaten Tangerang, Agus Suryana mengatakan Bimtek ini diikuti oleh 18 personel. Mereka dilatih untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas PTI dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Kita ingin PTI memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam menegakkan peraturan internal guna menciptakan kedisiplinan khususnya pada personel Satpol PP Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Ia menyampaikan, pada kegiatan ini, Satpol PP menghadirkan narasumber dari Subkogartaf 0510/Tigaraksa, Kapten inf Ujang Dani dengan materi yang diberikan meliputi pemahaman tentang Subkogartaf dan fungsinya sesuai Undang-Undang TNI No. 34 Tahun 2004 Pasal 7. Ayat 2 dan 3, Poin 9 Membantu Tugas Pemerintah di Daerah (Dishub, Satpol PP dan Instansi Lainya).

“Sesuai peraturan UUD TNI tersebut, Satpol PP dalam menjalakan tugas di lapangan berhak meminta permohonan pendampingan dalam menegakan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) di wilayah Kabupaten Tangerang,” katanya.

Baca Juga:  Penegakan Perda, 3.140 Botol Miras Dimusnahkan

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Masyarakat dan Aparatur, Dian Khamaliyah menyampaikan, PTI memiliki Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) sebagai pengawas Internal meliputi pencegahan dan penanganan pelanggaran, investigasi dan penyidikan serta memastikan disiplin dan ketaatan anggota Satpol PP terhadap peraturan dan kode etik yang berlaku.

Maka dari itu, diharapkan melalui Bimtek ini PTI bisa lebih bekerja dengan menekankan integritas dan sesuai dengan aturan yang berlaku di Satpol PP Kabupaten Tangerang guna memastikan tindakan yang diambil dapat dipertanggungjawabkan.

“Selain itu PTI juga memiliki tugas untuk melakukan pembinaan terhadap anggota Satpol PP untuk meningkatkan profesionalisme dan integritas. Maka dari itu kami harap dengan digelarnya Bimtek ini dapat memberikan wawasan dan menambahkan integritas khususnya pada PTI dalam menjalankan tugas dan fungsinya di internal Satpol PP, ” jelasnya