Beranda News

Uji Kebijakan Ongkos Kirim Gratis Presiden Jokowi, Relawan Motor Literasi Kirim Paket Buku ke Sejumlah Daerah di Indonesia

Uji Kebijakan Ongkos Kirim Gratis Presiden Jokowi, Relawan Motor Literasi Kirim Paket Buku ke Sejumlah Daerah di Indonesia
Penggagas Motor Literasi, Firman Venayaksa (kanan) bersama relawan bersiap ke Kantor Pos Indonesia mengirim paket buku ke sejumlah daerah di Indonesia. Sabtu (20/5/2017)

SERANG, Pelitabanten.com – Gerakan gemar membaca yang terus digaungkan oleh para relawan literasi semakin menggema ke seantero Nusantara. Beberapa waktu lalu, bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan , Presiden Jokowi mengundang sejumlah pegiat literasi yang membuat perpustakaan berjalan untuk menjangkau daerah-daerah terpencil ke , Jakarta, (2/5/2017).

Para Pegiat literasi ini datang ke istana dengan menggunakan kendaraannya yang dijadikan perpustakaan berjalan seperti bemo, angkot dan sepeda . Dalam perbincangan terkuak persoalan mahalnya pengiriman paket buku ke daerah terpencil di Indonesia. Dan solusi yang diberikan Presiden Jokowi adalah dengan membebaskan ongkos pengiriman melalui PT. Pos Indonesia.

“Tidak semua wilayah kita terjangkau oleh perpustakaan seperti yang ada di kabupaten atau kota. Ada tempat-tempat yang terpencil, di perbatasan, di pinggiran. Kita ini negara dengan 17 ribu pulau dan itu harus dicatat. Ternyata mahal sekali ongkos kirim bukunya. Itu karena letak tujuannya di gunung, perbatasan, tepi . Jauh-jauh sekali. Saya tadi sudah telepon Menteri dan Pos Indonesia. Saya tadi minta agar disediakan satu hari saja untuk pengiriman buku itu gratis,” kata Jokowi di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Bendera Merah Putih Bertuliskan Mandarin Diprotes Warga Serang

Demi menguji kebijakan Presiden Jokowi yang menetapkan tanggal 20 Mei ini ongkos pengiriman paket buku secara gratis, relawan dan Komunitas Dunia mendatangi Kantor Pos Indonesia cabang Kota Serang – Banten.

“Ada 10 paket buku yang siap dikirim ke TBM-TBM seluruh Indonesia, mulai dari ujung Sabang pulau Sumatera sampai ke tanah Papua,” kata Ade Ubaidil, Relawan .

Baca Juga:  Pemerintah Desa Kadu Curug Dapat Bantuan Mobil Ambulan dari PT Non Ferindo Utama

Pernyataan Presiden Jokowi untuk pengiriman buku bisa gratis tanggal 20 Mei di kantor Pos Indonesia, dan selanjutnya gratis setiap tanggal 17 setiap bulannya disambut antusias oleh penggagas Relawan Motor Literasi yang juga Ketua Umum Forum Taman Bacaan Indonesia, Firman Venayaksa.

“Upaya menggratiskan pengiriman buku dari pemerintah adalah sebuah sejarah bagi perkembangan literasi di Indonesia”, ucapnya, Sabtu (20/5/2017)

Selain mengirim lewat pos, relawan Moli tetap akan mengirimkan secara langsung ke TBM Rumah Pelangi di daerah Bekasi, demi menjaga interaksi dan silaturahmi, yang akan dilaksanakan pada hari yang sama di Hari Kebangkitan Nasional 2017.